Cek, 4 Hal Ini Kenapa TV Digital Tidak Ada Sinyal

TV analog akan diintegrasikan ke TV digital secara bertahap. Namun, banyak yang heran kenapa TV digital tidak ada sinyal padahal telah menggunakan Set Top Box DVB T2 (STB).

Seperti diketahui secara bertahap TV analog akan diberhentikan dan berganti dengan TV digital tapi banyak yang terganggu karena tidak ada sinyal.

Apa Itu TV Digital

TV digital merupakan TV dengan modulasi digital dan sistem kompresi. Sering terjadi kenapa TV digital tidak ada sinyal karena banyak faktor yang mempengaruhinya.

Jika tidak ada sinyal artinya TV tidak dapat menayangkan secara langsung suara, gambar dan data ke pesawat televisi. 

Sedangkan modulasi digital adalah sebuah proses berubahnya suatu gelombang periodik sehingga sinyal dapat membawa sebuah informasi.

Informasi dengan proses modulasi akan membawa info berfrekuensi rendah masuk dalam gelombang pembawa yang berfrekuensi tinggi. 

Untuk melaksanakan berbagai tugas tersebut modulasi membutuhkan peralatan yang disebut modulator. Adapun alat dalam proses berikutnya disebut modem.

Secara umum bisa dikatakan TV digital adalah perangkat TV dengan penggunaan sinyal dalam menangkap siaran TV digital. 

Dengan perubahan sistem TV analog ke digital maka harus mengubah informasi dari analog ke sinyal bit data layaknya komputer agar berfungsi dengan baik.

Beda TV Digital dengan TV Analog

TV digital dan TV analog berbeda pada cara kedua jenis TV menerima proses sinyal menjadi sebuah tanyangan televisi. Perbedaan tersebut adalah:

Transmisi

Pada TV analog sinyal melalui transmisi radio baik format video dan audio. Transmisi video terjadi melalui gelombang AM dan transmisi audio melalui gelombang FM.

Adapun TV digital sinyal transmisi diterima dalam bentuk bit data informasi serupa DVD hingga CD. Data dari sinyal semuanya dibawa sekaligus baik warna, gambar dan suara.

Kualitas Visual

TV analog kualitas visual terpengaruh oleh pemancar sedangkan TV digital tidak terpengaruh jarak pemancar.

Sistem Transmisi

Sistem transmisi TV analog dengan pancaran modulasi langsung pembawa frekuensi, sedangkan TV digital dikodekan lalu dipancarkan.

Tayangan

Pada TV analog gangguan tayangan berupa visual sedangkan TV digital hanya berupa tayangan satu warna dasar saja.

Kenapa TV Digital Tidak Ada Sinyal? Ini 4 Penyebabnya

Penyebab TV digital tidak memiliki sinyal karena dipengaruhi beberapa faktor, yaitu:

Kualitas

Faktor utama berupa kualitas antena yang digunakan karena TV dan STB perlu untuk menangkap siaran digital.

Lokasi dan ukuran berpengaruh dalam mendapatkan sinyal kuat apalagi jika terdapat di antara gedung tinggi, pegunungan atau ukuran antena kecil.

Posisi

Posisi berpengaruh untuk mendapatkan sinyal. Jika bergerak sedikit mengganggu penerimaan sinyal karena berebut dengan sinyal lain. 

Untuk itu perlu diberi jarak antar antena digital.

Kabel

Faktor berikutnya karena masalah kabel antar antena STV/TV digital. Jika colokan komponen rusak membuat sinyal tidak tertangkap dengan baik.

Setelan STB

Setelah STB mempengaruhi kenapa sinyal kurang kuat karena setelan berbeda. Ada baiknya melakukan pengaturan tepat dan membeli STB resmi agar hasil optimal.

Akan tetapi tidak perlu khawatir karena ada Aqua Japan sebagai brand terkemuka yang selalu mengeluarkan produk terbaik bagi konsumennya yaitu seri LE32AQT6200T.

TV AQUA new model digital TV 32 ini memiliki keunggulan dengan kenyamanan saat nonton acara televisi, kualitas gambar HD, HDMI port dan USB movie video recording.

Memilih TV digital perlu, untuk mendapatkan kualitas terbaik dan jaminan penayangan yang optimal. Dengan memilih kualitas TV digital andalan masalah kenapa TV digital tidak ada sinyal pasti teratasi dengan baik. 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About Us

Sed gravida lorem eget neque facilisis, sed fringilla nisl eleifend. Nunc finibus pellentesque nisi, at is ipsum ultricies et. Proin at est accumsan tellus.