Artikel Terpopuler dan Terhits
Beli Tema IniIndeks

Tips Menjadi Barista Untuk Pemula Yang Ingin Bekerja di Hotel Bali

Memimpikan menjadi seorang barista memang menjadi keinginan bagi banyak anak muda. Terutama saat melihat ada banyak lowongan profesi ini di HHRMA Bali. Membuat makin penasaran untuk mencobanya, apalagi di pulau yang sangat indah seperti Bali.

Namun untuk menjadi seorang barista bukanlah perkara yang mudah, karena diperlukan keterampilan yang mumpuni. Terutama dalam melayani para pengunjung hotel berbintang di pulau dewata yang sudah terkenal di seluruh dunia.

 

Tips Menjadi Barista Untuk Pemula Di Hotel Bali

Pekerjaan menjadi barista seperti yang ada pada HHRMA Bali bukan hanya sekedar menuangkan air panas ke bubuk kopi dalam gelas saja. Namun ada juga beberapa pengetahuan yang diperlukan agar dapat  membuat secangkir kopi yang nikmat dengan aroma yang menggoda. Inilah beberapa tips atau skill yang harus Anda pelajari:

 

Memahami Karakter Biji Kopi

Untuk menjadi barista sebaiknya mencintai minuman kopi dari hati, baik dari sisi citarasa maupun penampilan penyajiannya. Karena dengan jatuh cinta terlebih dahulu maka akan membuat seseorang menjadi barista yang baik.

Dengan mencintai dunianya terlebih dahulu maka akan lebih mudah saat berjuang untuk mempelajari keistimewaan biji kopi. Bagaimana karakter kopi yang baik untuk sajian kopi tertentu serta memahami perbedaan karakter tingkat roasting biji kopi, dan bagaimana cara penyimpanan biji kopi agar tetap segar ketika diseduh,

 

Mengerti Alat-Alat Kopi

Kemudian untuk menjadi seorang barista, biasanya mempunyai suatu hal yang menjadi favoritnya masing-masing. Misalnya apakah menyukai metode sajian tertentu, seperti  sajian aeropress. Namun demikian bukan berarti mereka tidak mengerti sajian menggunakan alat kopi yang lainnya.

Barista yang baik harus dapat menyajikan kopi yang enak dengan menggunakan berbagai alat kopi yang lain. Memahami perhitungan rasio saat menggunakan alat kopi yang berbeda, bagaimana membersihkan serta merawat alat kopi setelah menyeduh kopi. 

Selain itu juga mengetahui alat kopi seperti apa yang mampu mengoptimalkan biji kopi tertentu. Sehingga dapat meracik minuman kopi yang enak dan beraroma yang sedap. Ketika skill ini sudah Anda kuasai maka dapat mencoba lowongan yang dipasang pada HHRMA untuk mendapatkan pekerjaan.

Menyeduh Kopi Dengan Sepenuh Hati

Jika Anda ingin menjadi barista maka anda tidak boleh menganggap enteng pekerjaan seorang barista. Dengan menganggapnya sekedar menuang kopi dan air panas kemudian mengaduknya seperti kopi instan. Melainkan harus memahami prosesnya dengan benar dan cermat sesuai takaran yang pas.

Selain itu barista juga harus mempunyai wawasan yang luas mengenai biji kopi dan alat seduh kopi. Mempertimbangkan dengan baik rasio air berbanding bubuk kopi, seberapa suhu panas air seduhan yang pas dan bagaimana teknik menyeduh kopi dengan berbagai alat kopi.

Menyajikan Secangkir Kopi Dengan Nikmat

Agar dapat menyajikan kopi dengan pas dan nikmat sesungguhnya ada perhitungan yang teliti. Seperti mengerti dengan benar mengenai biji kopi dan alat yang pas dibarengi dengna teknik menyeduh kopi yang optimal sehingga sajiannya tetap konsisten saat diseduh dan disajikan kepada pelanggan.

Kemudian yang tidak kalah penting adalah mengenal diri sendiri dan kedai kopi tempatnya bekerja dengan baik. Karena ada kalanya seorang barista akan terbentur pada ideologi pribadi dan ideologi kedai kopi tempatnya bekerja.

Padahal biasanya ideologi kedai kopi akan terbentuk dari pelanggan yang datang silih berganti. Apakah yang datang tersebut hanya menikmati design latte art atau menikmati cita rasa dari latte art ini. Barista harus bisa bergerak flesibel dalam menghadapinya.

Ketika sudah memahami semuanya dengan baik maka tinggal mencari lowongan pada  HHRMA Bali. Dan memilih mana yang paling cocok bagi Anda untuk dilamar dan dijadikan profesi yang sesuai keinginan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.