Promosikan Kewirausahaan, Program Student Company Lahirkan 634 Bisnis Baru 

Sejak diinisiasi 12 tahun lalu, program pelatihan kewirausahaan untuk pelajar, Student Company (SC), sukses melahirkan 634 bisnis baru melibatkan ribuan pelajar. Selama penyelenggaraannya, program Student Company (SC) total telah melibatkan 13.358 pelajar SMA/SMK. Khusus tahun 2021 ini program SC fokus pada upaya transformasi digital dalam berwirausaha dengan melibatkan 549 pelajar dari 9 kota/kabupaten dan melahirkan 30 usaha baru beromzet total Rp 239 juta.

Pada program SC tahun ini pelajar ditantang membuat ide bisnis yang dapat memenuhi kebutuhan dan memecahkan masalah di komunitas serta mengoptimalkan teknologi digital dalam strategi dan operasionalnya. Program PSC 2021 sukses memberikan manfaat kepada pelajar di 30 SMA/SMK di 9 kota/kabupaten di Indonesia, mencakup Jakarta, Bogor, Tangerang Selatan, Bandung, Bandung Barat, Semarang, Surabaya, Sidoarjo, dan Denpasar. Dari 30 perusahaan siswa yang terbentuk, PJI telah menyeleksi dan mengerucutkan 7 finalis untuk berkompetisi dalam ISCC 2021.

Mereka adalah Qreate SC (SMAN 34 Jakarta), Wignesa SC (SMAN 3 Semarang), Covarsi SC (SMAN 81 Jakarta), Neon SC (SMAN 2 Denpasar), Semaja SC (SMAS HelloMotion, Tangerang Selatan), Mico SC (SMAN 1 Cisarua, Bandung Barat), dan Alanza SC (SMAN 16 Surabaya). PSC 2021 diselenggarakan oleh Prestasi Junior Indonesia (PJI) dengan dukungan dari Citi Foundation, PT AIG Insurance Indonesia dan PT Marsh Indonesia. Menutup rangkaian program SC 2021, PJI menggelar Indonesia Student Company of the Year Competition (ISCC) 2021 secara virtual, Sabtu (6/11/2021) untuk memilih tim terbaik untuk mewakili Indonesia di kejuaraan bisnis tingkat Asia Pasifik tahun depan.

Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Asep Sukmayadi menyatakan, kewirausahaan mampu melatih pelajar untuk berpikir kritis dan kreatif guna mengatasi problematika di tengah masyarakat. Karena itu pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung konsistensi PJI dan mitra mitra perusahaan dalam melanjutkan Program Student Company dan kompetisi ISCC 2021. Chairman of the National Board Prestasi Junior Indonesia, Siddharta Moersjid mengatakan, para pelajar, sebagai bagian dari golongan generasi Z, memiliki keunggulan karakter ‘true digital natives’ yang terpapar internet, jejaring sosial, dan penggunaan piranti seluler sejak dini.

"Kedekatan generasi Z dengan teknologi mampu memberikan sudut pandang yang unik, tetapi efisien dan jitu dalam memecahkan kendala di lingkungan mereka," ujarnya. Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Puni A. Anjungsari menambahkan, pemberdayaan generasi muda terutama menyangkut literasi keuangan serta pembekalan kewirausahaan menjadi fokus kegiatan sosial kemasyarakatan Citi Indonesia dan mengacu pada inisiatif global Citi Foundation, yaitu Pathways to Progress. Berdasarkan data BPS tahun 2021, generasi muda menduduki tingkat pengangguran terbuka tertinggi selama pandemi Covid 19, sebesar 11,13 persen pada lulusan tingkat pendidikan SMK dan 9,09 persen pada lulusan SMA.

Brand and Marketing Communications Manager PT AIG Insurance Indonesia, Gusni Puspitasari berharap program SC 2021 membantu memberdayakan lebih banyak lagi generasi muda untuk meraih potensinya dalam mendukung pembangunan ekonomi berkelanjutan di masa depan. Presiden Direktur dan CEO PT Marsh Indonesia Douglas Ure menambahkan, melalui PSC perusahaannya berkomitmen membimbing generasi muda guna mempersiapkan diri sekaligus menemukan ekonomi dengan pendekatan kreatif melalui optimalisasi teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.